Sinopsis Buku Drive | 3 Elemen Kunci dari Motivasi yang Berkelanjutan

Sinopsis Buku Drive
Image Source : Amazon.com

Drive: The Surprising Truth About What Motivates Us adalah sebuah buku yang ditulis oleh Daniel H. Pink dan pertama kali diterbitkan pada tahun 2009. Buku ini menyajikan sebuah pandangan yang mengubah cara pandang kita tentang motivasi manusia, dan mengungkapkan faktor-faktor yang sebenarnya memotivasi kita untuk mencapai kesuksesan, kepuasan, dan kreativitas.

Sinopsis:

Dalam buku "Drive," Daniel Pink mengeksplorasi teori motivasi tradisional yang telah lama diyakini oleh masyarakat, yaitu teori carrot-and-stick (penghargaan dan hukuman). Teori ini mengasumsikan bahwa manusia cenderung bergerak dan berusaha mencapai tujuan ketika dihadapkan pada penghargaan atau hukuman. Namun, Pink membuktikan bahwa pendekatan ini tidak sepenuhnya efektif dalam meningkatkan motivasi dan kinerja jangka panjang.

Penelitian yang mendalam mengenai ilmu perilaku manusia menunjukkan bahwa motivasi yang paling kuat dan tahan lama berasal dari faktor-faktor internal, yang Pink sebut sebagai "drive." Drive ini terdiri dari tiga elemen kunci:

Autonomy (Otonomi) 

Manusia merasa termotivasi ketika mereka memiliki kendali atas tindakan dan keputusan mereka. Penghargaan terbesar bukanlah uang atau hadiah, melainkan kesempatan untuk memiliki otonomi dalam pekerjaan mereka, merumuskan ide-ide mereka, dan mengambil langkah-langkah untuk mencapai tujuan pribadi.

Mastery (Menguasai) 

Keinginan manusia untuk terus meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka merupakan pendorong motivasi yang kuat. Saat seseorang merasa dapat mengembangkan diri dan mencapai kemajuan dalam bidang yang mereka minati, motivasi untuk mencapai tujuan tersebut akan semakin besar.

Purpose (Tujuan) 

Manusia merasa termotivasi ketika mereka merasa memiliki tujuan yang lebih besar dari sekadar mendapatkan keuntungan pribadi. Ketika pekerjaan atau tindakan memiliki makna yang lebih dalam, seperti berkontribusi pada kebaikan masyarakat atau membantu orang lain, motivasi akan menjadi lebih kuat dan penuh semangat.


Melalui penelitian yang kuat, studi kasus, dan contoh-contoh nyata, Daniel Pink mengilustrasikan bagaimana konsep-konsep ini berlaku dalam dunia nyata, terutama di lingkungan kerja. Ia menyoroti pentingnya memberikan kesempatan untuk kreativitas, berinovasi, dan mengembangkan diri sebagai kunci untuk menciptakan lingkungan kerja yang produktif dan memuaskan.

Dengan "Drive," Daniel Pink memberikan wawasan baru yang merangsang pikiran tentang motivasi, dan membantu pembaca untuk menemukan cara yang lebih efektif dalam memotivasi diri mereka sendiri dan orang lain menuju kesuksesan yang berarti dan memuaskan. Buku ini direkomendasikan bagi siapa pun yang tertarik dalam memahami esensi dari motivasi manusia dan ingin meningkatkan kinerja dan pencapaian mereka dalam berbagai aspek kehidupan.

Tertarik Memiliki Buku Drive?

(Versi Bahasa Inggris)

*Mohon maaf karena kita belum bisa membelikan link pembelian buku Versi Bahasa Indonesia nya

Komentar